Apa Itu WOSM (World Organization of the Scout Movement) ?

World Organization of the Scout Movement atau bisa sering disingkat WOSM adalah organisasi internasional yang mengorganisir organisasi organisasi kepanduan yang ada dinegara negara di seluruh dunia, yang anggotanya sekitar 31 Juta orang.

WOSM didirikan pada tahun 1920, dan berkantor pusat di kota Genewa, Switzerland. WOSM bekerjasama dengan organisasi serupa untuk kelompok wanita, yaitu WAGGGS (World Assosiation of Girl Guides and Girl Scouts).

Misi dari WOSM adalah memiliki kontribusi terhadap pendidikan dan pembinaan generasi muda, melalui sistem yang berdasarkan pada janji dan Darma Pandu, untuk membantu membangun dunia yang lebih baik, menjadi individu yang mandiri dan berperan positif dalam masyarakat.
Sejarah Kepramukaan Dunia
WOSM pengorganisasiannya dibgi kedalam regional regional dan dioperasikan dengan Konferensi, Komite, dan Biro.

World Scout Conference (WSC) atau Konferensi Kepanduan Sedunia adalah lembaga pemerintahan kepanduan yang bertemu setiap tiga tahun sekali. WSC adalah majelis umum yang dihadiri enam orang delegasi dari setiap organisasi anggota WOSM. Jika sebuah negara memiliki organisasi lebih dari satu, dapat dibentuk sebuah federasi untuk membentuk perwakilan. Pada konferensi ini semua rencana kegiatan yang mendasar dibahas tuntas untuk dilaksanakan dengan seksama.

Pengertian WOSM
WOSM

The World Scout Committee atau Komite Kepanduan Sedunia adalah lembaga eksekutif dari WSC yang terbentuk dari delegasi delegasi yang terpilih. Komite bertanggungjawab pada implementasi dari resolusi resolusi yang dihasilkan pada konferensi. Anggota anggota komite bertemu dua kali dalam setahun, biasanya di Jenewa, Swiss. Komite dipimpin oleh seorang ketua (Chairman), dua wakil ketua (Vice Chairman) dam seorang Sekretaris Jenderal.

Komite beranggotakan 14 orang. 12 orang diantaranya berasal dari masing masing negara terpilih. Dipilih untuk masa jabatan enam tahun hingga masa Konferensi Kepanduan Dunia berikutnya. Sebagai anggota komite, para anggota yang terpilih tidak lagi mewakili negaranya masing masing, tetapi berdasarkan kepedulian dan interest pada Gerakan Kepanduan sutuhnya. Yang menjadi ex-officio WOSM adalah Sekretaris Jenderal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar