Sejarah Kepanduan atau Pramuka Dunia

Sejarah Pramuka tidak dapat dipisahkan dengan terbitnya buku Scouting For Boys, karena buku itulah pertama kali menyebabkan anak anak dan remaja beramai ramai bergabung dalam kegiatan di alam terbuka yang dinamakan Gerakan Kepanduan (Boy Scouts).

Buku Scouting For Boys, ditulis oleh Baden Powell pada tahun 1908. Buku ini pertama kali di edarkan pada tanggal 15 Januari 1908, oleh penerbit Horace Cox, Windsor House, Breams Building, London E.C. Scouting For Boys begitu menarik perhatian dunia. Buku ini menjadi masterpiece yang terjual secara besar besaran diseluruh dunia, sehingga terus menerus mengalami cetak ulang. Yang menarik dari buku Scouting For Boys adalah karena Baden Powell melengkapi buku tersebut dengan gambar gambar yang dibuatnya sendiri.




Pramuka Dunia
Pramuka Dunia

Selain mendirikan Pramuka Putera, Baden Powell juga mendirikan Pramuka untuk Puteri dengan dibantu oleh adik perempuannya, Agnes Baden Powell. Yang dikemudian hari dilanjutkan oleh Lady Baden Powell.
Apa itu Pramuka ID
Kepanduan Siaga didirikan pada tahun 1916, dengan ilustrasi kegiatannya diambil dari buku yang terkenal karya Rudyard Kipling "The Jungle Book", yang berisikan cerita tentang petualangan Mowgli si anak serigala beserta teman teman binatangnya, bagheera si Macan Kumbang dan juga Bugaloo si Beruang.

Dua tahun kemudian, yaitu pada tahun 1918 Baden Powell mendirikan kepanduan untuk golongan Penegak (Rover Scouts). Untuk meningkatkan kualitas para penegak, Baden Powell menulis buku berjudul Rovering To Succes ( Mengembara Menuju Keberhasilan ) pada tahun 1922.

Buku ini berkisah tentang petualangan seorang anak muda yang sedang berperahu menuju sebuah pantai (Sebutan Baden Powell adalah Pantai Bahagia) dengan melewati berbagai rintangan berbentuk karang karang tajam ( karang kehidupan ) yang berbahagia dan selalu menghalangi laju perahu pemuda tersebut.

Daftar Karang Kehidupan :
1. Karang Wanita
2. Karang Perjudian
3. Karang Minuman keras dan merokok
4. Karang Mementingkan diri sendiri (egois) dan mengorbankan orang lain
5. Karang Tidak bertuhan (atheis)

Jadi dari semula Baden Powell telah mengajarkan bahwa untuk bisa meraih keberhasilan, para pemuda harus bisa menahan diri dari berbagai macam tantangan dan rintangan.

Selain itu Baden Powell juga menulis buku petunjuk untuk pembina, yaitu pada tahun 1914 sampai 1919.

Baden Powell menerima sebidang tanah dari salah seorang sahabatnya, William F.DeBois Mc. Laren untuk digunakan sebagai tempat bermain dan berlatih. Taman ini diberi nama Gilwell Park.

Pada tahun 1920, dibentuklah Dewan Internasional yang mempunyai sembilan anggota dan kantor pusatnya berada di London, Inggris. Kemudian Dewan Internasional berubah menjadi Biro Kepanduan Sedunia (World Scout Buereau), yang ditahun 1958 kantor pusatnya berkedudukan di kota Ottawa, Kanada. Pada tahun itu juga tepatnya tanggal 1 Mei 1958 kantor pusatnya dipindahkan lagi ke Jenewa, Swiss.

Kepala Kepala Biro Kepanduan Sedunia antara lain :
1. Hubert Martin
2. Kolonel J.S.Wilson
3. Spry
4. Lund
5. Dr. Laszlo Nagy
6. Eduardo Missoni
7. Luc Panissod
8. Scott Teare

Biro Kepanduan Sedunia dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Biro Kepanduan Sedunia Putera, yang berkedudukan di kota Jenewa, Swiss. Yang terdiri dari 5 Sektor wilayah yaitu:
    1. Costa Rica (Amerika Tengah dan Selatan)
    2. Philipina (Asia)
    3. Eropa
    4. Afrika
    5. Amerika

2. Biro Kepanduan Sedunia Puteri, yang berkedudukan di kota London, Inggris. Yang terdiri dari 5 Sektor wilayah yaitu:
    1. Eropa
    2. Asia Pasifik
    3. Afrika
    4. Amerika
    5. Amerika Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar